Minggu, 13 Oktober 2013

SIAPAKAH KUCING BESAR LIAR YANG TERBESAR DIDUNIA?

Banyak sekali pertanyaan dilontarkan oleh para pemerhati kucing besar didunia tentang siapakah atau apakah kucing liar terbesar didunia. Mana yang lebih besar, harimau atau singa. Seberapa besar perbedaannya. Dan lain-lain. Well itu semua adalah pertanyaan klasik yang wajar dilontarkan untuk mengetahui siapa pemegang rekor sebagai kucing terbesar didunia.
Jika kita baca buku-buku ilmiah, jurnal, wikipedia, film dokumenter dan lain sebagainya, semuanya pasti menyatakan bahwa kucing liar terbesar didunia adalah harimau, tepatnya harimau siberia. Disebutkan beratnya mampu melampaui batasan 300kg dengan panjang tubuh mencapai 3 meter. Benarkah? Tahukah anda bahwa berdasarkan data terakhir status kucing terbesar didunia bukan lagi menjadi milik harimau siberia, namun sudah menjadi milik harimau bengala. Hal ini dikarenakan karena penurunan drastis jumlah harimau liar siberia mengakibatkan keragaman genetik yang menyusut, habitat yang menyempit, semakin langka nya hewan mangsa sampai tekanan dari para pemburu di Siberia. Bagaimana dengan singa afrika? Singa asia? Seberapa besar ukuran harimau bengal dan siberia? Baiklah mari kita bahas satu persatu.

Jika anda pergi ke kebun binatang dan melihat harimau dan singa, banyak yang heran karena melihat ukuran tubuh singa yang jauh lebih besar dari harimau. Apakah ada yang salah dengan data ilmiah diatas? Tidak. Pada kenyataanya ukuran harimau bervariasi antar subspesies, dari yang terkecil harimau sumatera (rata-rata 90-130kg) sampai yang terbesar harimau bengal/siberia (diatas 220kg).
Catatan: harimau bali sebagai harimau terkecil sudah punah, sehingga harimau terkecil sekarang adalah harimau sumatera.
Sementara ukuran singa lebih stabil, tidak banyak bervariasi diantara subspesies yang berkisar antara 180-190kg. Bisa jadi yang anda lihat adalah singa afrika dibanding dengan harimau sumatera. Singa adalah kucing yang tinggi, berkisar antara 97-103 cm namun tubuhnya lebih pendek dibandingkan harimau bengal/siberia. Harimau bengal mempunyai tinggi sekitar 98-100cm, sedangkan harimau siberia sekitar 99-105cm namun keduanya lebih panjang daripada singa. Surai singa mempunyai andil yang besar dalam menciptakan ilusi atau kesan besar, ditambah lagi ukuran kepala singa yang relatif lebih besar menyebabkan kesan besar semakin bertambah menguat. Namun jika anda perhatikan baik-baik, maka anda akan menyadari bahwa ukuran tangan dan kaki mereka lebih kecil atau langsing dibandingkan dengan harimau. Harimau mempunyai ukuran kepala yang lebih pendek dari singa namun lebih lebar. Dan satu yang pasti, ukuran taring harimau lebih besar dan panjang dibandingkan singa. Kita akan membahas perbedaan morfologi kedua kucing hebat ini di artikel yang lain nanti, sekarang kita akan melanjutkan pembahasan tentang kucing liar terbesar didunia.
Surai singa membuatnya nampak lebih besar dari yang sebenarnya

perhatikan ukuran tangan dan lengan harimau yang sangat besar

Harimau bengal jantan dewasa kerap kali melampaui batasan 200kg dimana hal tersebut jarang ditembus oleh singa liar. Berdasarkan catatan ilimiah dengan sampel yang jauh lebih banyak dari sampel harimau, singa jantan dewasa dengan berat 165-185 kg adalah ukuran rata-rata normal dengan beberapa pengecualian spesimen yang mampu menembus batasan 200 kg dan beberapa yang bisa dibilang spesial atau 'freak' karena mampu menembus batasan 227kg atau 500 pound. Seperti kita ketahui, jumlah singa jauh lebih banyak dibanding harimau yang semakin langka, namun meski jumlahnya sedikit, menemukan harimau jantan dewasa dengan berat diatas 200kg  tidaklah sulit. Bahkan seringkali mereka mampu menembus batasan 272kg atau 600 pound.

31 Desember 1974, seekor harimau bengal di Nepal bernama Sauraha Male (M-105) berhasil ditangkap menggunakan umpan ternak hidup yang berlokasi di taman nasional Chitwan, Nepal.
Foto kamera trap Sauraha male


Ketika diukur panjangnya mencapai 302 cm termasuk dengan ekornya (3,02 straight line). Ketika ditimbang dengan timbangan berskala maksimal 500 pound (227kg), dia menyentuh batas maksimal sehingga tidak diketahui berapa berat sebenarnya. Selanjutnya dia dipasangi radio collar untuk dapat dideteksi dan dapat ditangkap kembali. Setahun kemudian, 31 Desember 1975 dia kembali ditangkap, kali ini tanpa menggunakan umpan karena sudah dapat dilacak menggunakan sinyal radio. Kembali dia menyentuh batas 227 kg. ukuran tubuhnya juga melar menjadi 310cm.
Sauraha male ketika diukur tubuhnya

Empat tahun kemudian, tepatnya akhir 1979 atau awal 1980, untuk ketiga kalinya dia berhasil ditangkap. Kali ini skala timbangan yang dipersiapkan diperbesar menjadi 600 pound (272kg). namun lagi-lagi dia menyentuh batas maksimal sehingga berat tubuh yang sebenarnya tidak diketahui. Dengan asumsi bahwa dia telah memakan mangsa, maka dilakukan penyesuaian dengan mengurangkan isi perut sehingga dia dicatat mempunyai berat sebesar 260-265. Namun untuk lebih konservatif, dia secara resmi dicatat diangka 261 kg.

Tahun 2003, di Panna tiger reserve India, Dr. Ragu Chundawat membius seekor harimau jantan dewasa bernama Madla. Ketika diukur, ukuran tubuhnya (leher, lingkar dada, lingkar lengan dan telapak kaki) melebihi ukuran dari Sauraha Male (penulis lupa detailnya, akan dicari nanti).  yang jelas Dr. Raghu menggambarkan bahwa telapak tangan harimau ini lebiih besar dari piring makan! luar biasa.
foto kamera trap Madla

Madla ketika diukur oleh Dr. Raghu C

Madla dan Julie pasangannya

Madla, harimau jantan yang kekar

Dan lagi-lagi harimau ini juga menyentuh batas 272 kg atau 600 pound, sehingga sekali lagi kita tidak tahu berat tubuh yang sebenarnya. Setelah radio collar dipasang, dan pergerakannya dimonitor, diketahui bahwa tidak seperti dugaan sebelumnya, harimau ini tidak berani melewati batas tertentu di belahan hutan Panna yang lain, dengan demikian terdapat harimau jantan besar lainnya disitu. Hal ini juga didukung oleh penemuan jejak tapak harimau jantan besar yang membuat Dr. Raghu memutuskan untuk memasang kamera trap untuk mengetahui harimau jantan yang lain. Dan berhasil, inilah dia.
satu-satunya foto Hairyfoot di dunia

Dia dinamai Hairyfoot (kaki berrambut) karena jejak kakinya menunjukkan rambut tebal disekitar tapak kaki. Dan menurut pengakuan Dr. Raghu, Hairyfoot lebih besar dari Madla.
Lihat seri dokumenter selengkapnya disini : 
Jadi kesimpulannya, kita tidak bisa mengetahui ukuran atau berat yang sebenarnya dari Sauraha Male karena dia menyentuh batas 272kg sebagai ukuran maksimal timbangan masa itu. Sedangkan Madla yang mempunyai ukuran tubuh melebihi Sauraha Male juga menyentuh batas 272kg. Hairyfoot menurut Dr.Raghu lebih besar dari Madla. Jadi Sauraha<Madla<Hairyfoot. Sayangnya Hairyfoot tidak pernah berhasil ditangkap karena dia keburu meninggal dalam insiden tenggelam karena terjatuh ke dalam sumur yang dalam. Kita hanya bisa beandai-andai berapa ukuran sebenarnya mereka ini. 280kg? 290kg? 300kg atau bahkan melebihi 300kg? Entahlah

Anda mungkin mengagumi besarnya ukuran tubuh mereka, namun jangan dulu, karena cerita belum selesai. Berbeda dengan jaman dulu, sekarang adalah eranya internet dimana fotografi hewan liar (termasuk harimau) dapat dengan mudah ditemukan di dunia maya. Contoh situs yang menarik adalah ini: indianaturewatch.net. Dengan mengamati foto-foto Madla yang anggap saja berukuran 260an kg, kita bisa membandingkan dengan harimau-harimau jantan yang lain. Ambil contoh ini, Bamera male dari Bandhavgarh, menurut banyak orang yang melihatnya langsung, dia paling tidak berukuran sama atau lebih besar dari Madla.

Bamera Male sang raja dari Bandhavgarh

Sedangkan Waghdoh male dari Tadoba Andhari Tiger Reserve jelas-jelas lebih besar dari Madla. Kucing loreng 'raksasa' ini sering disebut sebagai monster karena ukuran tubuhnya. Lihatlah dia mampu membuat pasangannya seperti harimau kerdil atau harimau anak-anak.
Waghdoh dan pasangannya. 
ukuran tubuhnya yang raksasa membuat seolah-olah pasangannya adalah harimau anak-anak

Paling tidak dia 2,5 kali lebih besar dari pasangannya tersebut. Dengan mengambil ukuran rata-rata harimau bengal betina sekitar 120-130kg, kita bisa mengestimasi ukuranya paling tidak sebesar 125x2.5=312,5kg.
Waghdoh the great

Namun cerita masih berlanjut. Menurut dongeng atau kabar dimasa lalu, didaerah India utara bagian timur, tepatnya diwilayah Assam (termasuk Kaziranga) memiliki harimau-harimau dengan ukuran monster. Monster? Berlebihankah? Begini, di Tadoba terdapat harimau-harimau jantan dengan ukuran tubuh yang besar setara Madla, diantarnya adalah Katezari,Saturn,Shivaji,Basant Bandhara,Leopard face dan lain-lain, namun Waghdoh disebut monster karena dia memiliki ukuran tubuh yang paling besar diantara mereka. Nah di Kaziranga, harimau jantan seukuran waghdoh adalah hal yang normal.Mari kita bandingkan foto dibawah ini, Sauraha male disebelah kiri dibandingkan dengan harimau Kaziranga disebelah kanan. Jelas perbedaannya bukan?
perbandingan Sauraha dengan harimau Kaziranga

Berkat tersedianya kamera digital yang semakin terjangkau, foto-foto harimau Kaziranga mulai bermunculan di internet. Memang belum ada catatan resmi mengenai berat resmi mereka namun jelas harimau-harimau ini mempunyai ukuran yang luar biasa besar. Sayangnya ijin untuk membius dan menimbang mereka tidak pernah diberikan pemerintah India karena dikhawatirkan membahayakan keselamatan mereka, mengingat status harimau yang saat ini sangat langka dan dilindungi.
Kenapa mereka bisa sangat besar? Tidak lain karena ukuran mangsanya yang bisa dibilang raksasa seperti Gaur (sapi atau banteng liar terbesar didunia), Kerbau air liar yang sangat besar, badak bercula satu india yang memiliki ukuran tubuh diantara badak hitam dan badak putih afrika serta gajah india. Serta masih terjaganya keragaman genetik mengingat diwilayah ini jumlah harimau masih relatif tinggi.

Jadi berapa ukuran kucing besar liar yang terbesar didunia? Merujuk pada rekor dunia yang diterima secara resmi oleh guiness book of record yaitu seekor harimau bengal berukuran 389 kg atau 858 pound yang ditembak pada tahun 1967 di India, maka bisa jadi ukuran harimau yang terbesar saat ini berada dikisaran itu. Jika ada yang dapat mematahkan rekor kucing liar terbesar didunia kelak, penulis sangat yakin bahwa hal itu akan berasal dari wilayah India utara seperti Corbett, Nepal, dan terutama Kaziranga. Kita tunggu saja. Sementara itu silahkan minikmati galeri foto-foto harimau liar terbesar didunia, Harimau-harimau Kaziranga dibawah ini.
KZT-110, salah satu yang terbesar di Kaziranga

KZT-024, hampir sebesar KZT-110 diatas







dibawah ini adalah perbandingan ukuran beberapa harimau betina Kaziranga dengan manusia :


Sedangkan dibawah ini adalah perbandingan ukuran beberapa harimau jantan Kaziranga dengan manusia:
silahkan anda bayangkan sendiri seberapa besar mereka

perbandingan ukuran harimau Kaziranga dengan badak india

sepasang harimua Kaziranga memangsa badak

Kerbau air korban keganasan harimau Kaziranga

KZT-023, lihatlah ukurannya. foto ini muncul pada bulan april 2011 dan membuat gempar para fotografer fauna di dunia karena ukurannya. namun yang paling membuat mereka lebih berdecak kagum adalah sekitar sebulan setelah foto ini diambil, dia ditemukan tewas dalam pertarungan dengan harimau jantan lainnya membuat banyak orang bertanya-tanya sebesar apa ukuran harimau jantan lainnya yang membunuhnya?
jadi ada yang lebih besar dari harimau jantan seukuran KZT-023? ya tentu saja... contohnya harimau Kaziranga dibawah ini  (KZT-083) yang jika diamati laksana kapal selam yang berjalan didarat, panjang, tinggi dan kelihatan berat. 
KZT-083, mungkin ini adalah kucing liar terbesar yang pernah dilihat oleh penulis sejauh ini.

Jadi kucing liar terbesar di dunia? anda punya pendapat seberapa besar mereka?

50 komentar:

  1. artikel paling bagus yang saya pernah baca dalam bahasa indonesia tentang harimau, mantaff

    BalasHapus
  2. Senang anda menyukai nya mas Har. terimakasih. pantengin terus blog ini karena akan saya update dengan info-info lainya seputar kucing besar.

    BalasHapus
  3. bahas kucing besar lainnya juga bro.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAllah mas, nanti pas longgar. terimakasih sudah mampir

      Hapus
  4. kucing terbesar saat ini "liger"
    ini gambarny bro..
    http://www.dreamersradio.com/img_editor/5103/images/singa-harimau-1-ok.jpg
    http://www.dreamersradio.com/img_editor/5103/images/singa-harimau-2-ok.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas tp disini yg dibahas kucing liar mas, bukan kucing penangkaran hasil kawin silang. btw makasih sudah mampir

      Hapus
  5. Tulisan bagus,tapi jaga terus kelestarian harimau kita,terlebih harimau jawa yg masih blm jelas kepunahannya..

    BalasHapus
  6. super sekali mas, tulisan yg bagus dan lengkap :)

    BalasHapus
  7. ini baru yang namanya raja hutan.....

    BalasHapus
  8. Masih nunggu kabar harimau jawa nih

    BalasHapus
  9. Sy setuju bro TaR..Yang paling besar itu namanya LIGER..hasil persilangan Lion n Tiger

    BalasHapus
  10. Buat mas @jagatkucing mas menurutmu seberapa besar harimau jawa?di wiki dikatakan kurus dan langsing

    BalasHapus
  11. Di semeru msh ada harimau wkt saya n tmn2 mendaki tpatx d danau perawan kmi melihat 3 harimau lg santai disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas anwar bisa dideskripsikan seperti apa ciri2nya? warna, corak dan ukuran tubuh?

      Hapus
  12. Mas jagat kucing bisa bergabung di Grup Fb Harimau jawa dan Misteri alam
    Atau add fb saya Arvin Halim mari kita berbincang sesuatu

    BalasHapus
  13. Mas jagat kucing bisa bergabung di Grup Fb Harimau jawa dan Misteri alam
    Atau add fb saya Arvin Halim mari kita berbincang sesuatu

    BalasHapus
  14. Artikelnya bagus sekali mas, banyak hal2 yang belum sy kthui sblumnya tntg fkt2 harimau bsa ddpat dlm tulisan ini, update truss mas...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampean yg suka bikin youtube hantu itu ya kang sinar gemilang ternyata pecinta harimau juga jenengan

      Hapus
  15. Keren nih artikel

    Jarang2 sy mauk komen artikel loh 😂

    BalasHapus
  16. Keren nih artikel

    Jarang2 sy mauk komen artikel loh 😂

    BalasHapus
  17. Teruslah mengaum broh.. Mantab!

    BalasHapus
  18. Sukses selalu mas .... semoga nantinya juga kita bisa lengkapi data tersebut dengan kehadiran data fisik harimau jawa ....

    BalasHapus
  19. artikelnya baguss,, sangat mudah untuk dipahami karena ketersediaan gambar yang cukup banyak sehingga mendukung penjelasan lebih nyata.. terimakasih

    BalasHapus
  20. artikel bagus!!! sukses mas

    BalasHapus
  21. Mantaap tulisan ttg kucing besar,,,lengkap, paat,jelas....

    BalasHapus
  22. Penulisannya bagus,tpi sedikit saran aja,gambar dan tulisan jgn dipisah terlalu jauh agar tidak membuat pembaca cepat bosan,dari saya mantapp!!!

    BalasHapus
  23. Penulisannya bagus,tpi sedikit saran aja,gambar dan tulisan jgn dipisah terlalu jauh agar tidak membuat pembaca cepat bosan,dari saya mantapp!!!

    BalasHapus
  24. Penulisannya bagus,tpi sedikit saran aja,gambar dan tulisan jgn dipisah terlalu jauh agar tidak membuat pembaca cepat bosan,dari saya mantapp!!!

    BalasHapus
  25. Penulisannya bagus,tpi sedikit saran aja,gambar dan tulisan jgn dipisah terlalu jauh agar tidak membuat pembaca cepat bosan,dari saya mantapp!!!

    BalasHapus
  26. Masukkan juga harimau jadi2 donk

    BalasHapus
  27. bagus sekali ulasannya, foto foto yang luar biasa

    BalasHapus
  28. Tiger raja hutan sebenarnya. Lebih hebat dari lion.

    BalasHapus
  29. Nulis lagi dong pak,di tunggu ulasan ulasan menarik lain tentang felide ini salam salam lestari

    BalasHapus
  30. Artikel ini adalah yang paling baik dari semua artikel yang membahas dunia kucing. Saya tunggu artikel lainnya yang membahas kucing-kucing liar yang berukuran kecil. Lanjutkan, Pak !

    BalasHapus
  31. Bagus mas artikelnya. Baca ampe puas. Itu harimau yg terakhir ngeri amat kaya torpedo😨

    BalasHapus
  32. Mari terus kita jaga hutan kita..Pemerintah tidak boleh abai..contohlah India...
    Harimau Jawa terus kita cari tanpa melupakan macan tutul yang masih eksis harus lestari..

    BalasHapus
  33. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus
  34. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus