Selasa, 01 Oktober 2013

Kabar dari tanah Bengala : BAMERA sang raja Bandhavghar saat ini



Inilah raja di hutan belantara  Bandhavgarh sekarang. Harimau Tampan ini lahir pada bulan Desember 2004 dari ibu yang bernama Chakradara alias Pyari bersama dengan tiga saudaranya yang lain. Ayahnya tidak lain adalah B2 sang legenda. Kita bisa melihat masa kecil Bamera di dalam film dokumenter BBC ' Tiger Kill ' ( 2006), sebuah dokumenter yang dinarasi  oleh Simon King dengan bantuan fotografer India,  Alphonse Roy. Dokumenter tentang bagaimana susahnya merekam proses harimau berburu mangsa di alam liar.
Bamera dari kecil sampai dewasa

Bamera dewasa

Nama ' Bamera ' berasal dari nama sebuah daerah hutan wilayah Bandavghar. Ketika ia masih muda, pada musim hujan tahun 2007, Dia dan saudara-saudaranya diusir oleh ayahnya yaitu B2, raja Bandhavgarh pada waktu itu. setelah itu dia menetap di wilayah panpatha dengan saudara-sudaranya. Sang harimau muda menghabiskan setengah tahun di pengasingan Panpatha sebelum akhirnya memutuskan untuk kembali ke wilayah Tala untuk mencoba merebut beberapa wilayah dari ayahnya B2. Sejak itu, ia perlahan-lahan telah mengambil wilayah ayahnya, sedikit demi sedikit, yang mana B2 dikenal sebagai harimau yang tidak tertandingi. pertarungannya dengan B2 :  http://travel.busscher.us...packed-tiger-encounters/
B2 bukanlah satu-satunya Harimau yang ditekan  oleh Bamera. Chakradhara, ibunya sendiri juga pernah bentrok denganya. beberapa saksi melihat mereka berkelahi di padang rumput Chakradhara. Ibunya jelas bukan tandingan sang harimau jantan remaja ini, ia sempat dipukul keras sampai sang harimau betina jatuh ke tanah dan kemudian tidak bangun untuk beberapa menit. Kemudian Chakradara duduk di rumput, menggeram dan menggeram lagi. Sementara Bamera berdiri  menatap ibunya, mencoba meyakinkan nyabahwa  ia adalah penguasa baru wilayah ini.
Harimau dominan dewasa yang lain yaitu Bokha (pesaing B2, ayahnya) merasakan keganasan harimau tangguh ini. dibawah ini adalah foto-foto Bokha, harimau jantan dominan yang didesak oleh Bamera.
bahkan Bokha yang kekar pun (foto diatas) tidak mampu membendung kehebatan Bamera

Bamera juga memaksa harimau betina lain yaitu Kankatti alias Vijaya alias D4 untuk tunduk dan kawin dengannya. Sekedar info,  harimau betina ini telah membunuh harimau betina lain bernama Laksmi alias Chorbehera pada tahun sebelumnya sampai dia kehilangan sebelah matanya.
Bamera kawin dengan Kankati

Hal-hal tersbut diatas adalah sinyal kuat bahwa Bamera sedang mencoba untuk mendominasi lengkap wilayah Tala lengkap seluas 109 km persegi. November 2011, Bamera mengalahkan ayahnya B2. Sang ayah meninggal karena luka serius yang ia terima dalam bentrokan sengit dengan Bamera.
Jenasah sang ayah, B2.

sedangkan Bamera sendiri mendapatkan luka yang cukup hebat yaitu potongan yang menganga lebar di hidungnya sperti terlihat jelas pada gambar dibawah ini.


Bamera adalah harimau terakhir yang tersisa dari Bandhavghar B3 yang terkenal ( B2, Bokha, dan Bamera ) atau S3 ( Sundar, Shaki dan Shashi ).Namun seperti roda yang berputar, sang raja sekarang, Bamera suatu saat pasti akan menerima tantangan hebat dari generasi selanjutnya. Diantaranya adalah :
1.Blue Eyed Boy (si mata biru)

2.Mukunda (putra Bokha)

 3.Mahamman alias Jobhi ( putra Bokha )

4. Anak dari harimau betina Mirchiani 1
 Anak dari harimau betina Mirchiani 1 ketika bersama dengan ayahnya B2



5. Anak dari harimau betina Mirchiani 2


6. Kallu, sepupu Bamera sendiri

Apapun yang terjadi selanjutnya, sekarang adalah masanya Bamera, harimau yang sungguh membuat penulis kagum dengan attitude nya. Besar, Kekar, Berani dan sekaligus charming. Sang penguasa hutan Bandhavgarh saat ini.





6 komentar:

  1. G d ulasan tentang harimau asli indonesia gan ?
    Ingin tahu info yg asli Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu tanggal mainnya gan, pantengin terus blog ini, masih banyak yang akan kita bahas.
      sekarang lagi perbaikan mindahin foto2 dari photobucket karena telah melewati batasan bandwith :(
      btw makasih atensi dan saran nya gan, salam lestari

      Hapus
  2. Gan tentang harimau jawa dong :"(

    BalasHapus
  3. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus
  4. Yang bilang Harimau gak suka bertarung. Mendik baca blog ini....

    BalasHapus