Selasa, 08 Mei 2012

PANTHERA TIGRIS - HARIMAU


harimau siberia

Inilah kucing terbesar didunia. merujuk pada harimau bengal dan siberia maka gelar kucing terbesar dan terberat memang masih menjadi milik harimau. namun harimau juga memiliki sebaran ukuran yang paling ekstrem dari semua kucing besar. yang terkecil adalah harimau bali yang telah punah dengan bobot rata-rata 90-100kg sampai yang terbesar adalah harimau siberia diambang batas 300kg lebih. berbeda dengan singa yang tidak sedemikian ekstrem. sehingga tahukah kita jika dari rata-rata gabungan seluruh subspesies harimau ternyata dibawah rata rata seluruh subspesies singa, yaitu singa 180kg dan harimau 170kg. tetapi jika kita mencari kucing yang terbesar didunia maka saya sarankan untuk ke siberia atau ke negara bagian assam (kaziranga) di india tempat dimana kucing-kucing monster masih tersisa.
harimau bengala - waghdoh male dari tadoba tiger reserve, india


Bagi saya yang paling menarik dari harimau adalah kesendirannya, ke'elusiv'an nya yang membuat mereka sangat susah di filmkan. sehingga sampai saat ini masih ada hal-hal baru yang mengejutkan dapat kita pelajari dari situ.
harimau liar indochina, thailand

harimau betina kaspia di kebun binatang jerman


berbicara mengenai kucing yang satu ini, semakin banyak kita mempeajarinya maka semakin kagum kita akan kemampuanya. sebagai gambaran, dari beberapa studi terakhir mengindikasikan bahwa harimau (disamping sebagai kucing terbesar dan terkuat) juga sebagai kucing dengan volume(relatif) otak terbesar, mempunyai kemampuan mengeluarkan suara infasound yang sanggup membuat mangsanya termasuk manusia diam/kaku dalam beberapa detik, perenang yang hebat karena sangat menyukai air, dan mampu bertahan hidup diberbagai ekosistem seperti hutan hujan(sumatra,jawa,bali,indochina,malaya),hutan subtropis(india utara,amyoensis dan siberia),rawa-rawa(sundarband bangladesh), gunung dan bahkan di ketinggian 5000feet di pegunungan salju (buthan).
ini bukanlah harimau siberia, melainkan harimau bengal yang hidup di dataran tinggi himalaya (buthan, nepal)

Habitat:
pada umumnya harimau hidup didaerah dengan vegetasi yang lebat, karena mereka memerlukan itu untuk menyergap mangasanya. sehingga selain padang rumput dan padang pasir, disitu harimau sanggup beradaptasi. 

sebaran geografis :
mulai dari ujung timur siberia,korea dan china utara sampai asia tenggara termasuk sumatra jawa dan bali,indochina,india dan  terakhir berhenti di asia barat yaitu laut kaspia dan mendekati turki. yang patut di apresiasi adalah mereka mendiami berbagai macam ekosistem dari mulai rawa-rawa tepi pantai sampai hampir puncak gunung.

Subspesies:
- Panthera Tigris Tigris (harimau bengal)
- Panthera Tigris Altaica (harimau siberia)
- Panthera Tigris Virgata (harimau kaspia-punah)
- Panthera Tigris Amoyensis (harimau cina selatan)
- Panthera Tigris Corbetti (harimau indhocina)
- Panthera Tigris Jaksoni (harimau malaya)
- Panthera Tigris Sumatrae (harimau sumatra)
- Panthera Tigris Sondaica (harimau jawa-punah)
- Panthera Tigris Balica (harimau bali-punah)

berdasarkan riset terakhir (mazak, 2006) penggolongan diatas harus ditinjau ulang menjadi 2 pengelompokan besar yaitu:

>mainland tiger, atau harimau benua utama terdiri dari 
- Panthera Tigris Tigris (harimau bengal)
- Panthera Tigris Virgata sebelah timur (harimau siberia) dan Panthera Tigris Virgata sebelah barat (harimau    kaspia-punah)
Catatan: Berdasarkan uji genetik, DNA harimau Siberia identik dengan DNA harimau Kaspia, dengan kata lain, dipercaya bahwa harimau kaspia adalah populasi harimau siberia disebelah barat.
- Panthera Tigris Amoyensis (harimau cina selatan)
- Panthera Tigris Corbetti (harimau indhocina)
- Panthera Tigris Jaksoni (harimau malaya)

>sonda island tiger, atau harimau kepulauan sunda
- Panthera Sumatrae (harimau sumatra), bukan Panthera Tigris Sumatrae seperti penyebutan sebelumnya
- Panthera Sondaica bukan Panthera Tigris Sondaica seperti penyebutan sebelumnya: 
terdiri dari Panthera Sondaica Sondaica (harimau Jawa-punah) dan Panthera Sondaica-Balica (harimau bali-punah)
harimau sumatra


harimau jawa


harimau bali



Morfologi :
satu-satunya kucing besar dengan pola loreng vertikal diseluruh tubuhnya. struktur tubuhnya kompak dengan  kaki dan lengan yang besar namun memiliki tengkorak relatif kecil jika dibandingkan singa. tinggi tubuh tidak setinggi singa namun panjang dan berat. mempunyai taring panjang dengan struktur tulang tengkorak yang pendek namun lebar membulat dan berkubah. struktur seperti ini menghasilkan kekuatan gigitan (bite quantity) yang sangat kuat, kedua terkuat setelah jaguar.
pola loreng dan warna bervariasi menurut habitat dan garis lintang dimana harimau tersebut berada. sebagai contoh harimau siberia memiliki warna dasar cenderung oranye/merah terang dengan garis loreng yang tidak begitu hitam kental atau cenderung pucat, sedangkan harimau sumatra memiliki warna dasar coklat/merah gelap dengan pola loreng yang rapat dan sangat hitam.
pada bagian leher terdapat surai yang panjang meskipun tidak selebat surai sesungguhnya seperti pada singa.
harimau kepulauan sunda (sumatra,jawa dan bali) dikenal mempunyai surai yang paling panjang dan bahkan harimau jawa sering dilaporkan mempunyai surai yang hampir menyerupai singa sampai menutup seluruh area leher.
perhatikan surai harimau sumatra diatas

harimau siberia mempunyai bulu yang lebat diseluruh badan untuk menahan dinginnya salju yang berbanding terbalik dengan harimau bengal dataran rendah yang mempunyai bulu paling tipis sehingga kelihatan paling berotot.
warna dasar cenderung terang dan bulu yang lebat pada harimau siberia


harimau bengal yang 'berotot'- Bamera male dari Bandhavgarh, india

3 komentar:

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus
  2. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus