Sabtu, 26 Mei 2012

Kabar dari tanah Bengala : CHARGER sang legenda dari Bandhavgarh NP



Bandhavghar National Park adalah salah satu taman nasional india yang paling terkenal. Terletak dijantung negeri india, dipropinsi madya pradesh. Disinilah tempat lahirnya harimau-harimau bengal legendaris yang sangat terkenal itu. Pernah mendengar harimau bernama Charger, B1, B2, B3 atau Bamera? Ya mereka berasal dari sini. Beberapa film dokumenter terkenal mengambil setting disini.

CHARGER sang legenda

Dahulu kala, hutan Bandhavghar dikuasai oleh harimau jantan yang bernama Banka yang dalam bahasa hindi berarti tampan. Bersama harimau betina Sita, Banka hidup dengan damai di wilayah zona turis dimana orang-orang datang untuk menyaksikan dan mengabadikan mereka.

Suatu sore terdengar suara “auuunggh....auunggh..” itu adalah suara Banka yang sedang mondar-mandir, menegaskan dominasinya diwilayah ini. Namun tidak seperti biasanya, kali ini dia terlihat mematung dan waspada, matanya menuju rerimbunan bambu dimana sesosok harimau asing dengan muka bengis datang menatapnya. Sesaat kemudian, secepat kilat harimau pengembara tersebut menuju ke arahnya. Pertarungan tak terelakan, suara auman keras memecah keheningan hutan, cakaran dan gemeratak gigi dan tulang beradu dahsyat. Hasinya Banka harus mengakui kehebatan harimau baru ini dan pergi dengan luka-luka dan pendarahan yang hebat serta muka tertunduk. Banka telah dikalahkan.


Charger

Keesokan harinya, saat matahari terbit, Harimau jantan asing yang sepertinya pada usia prima itu  terlihat dengan surainya yang panjang melangkah keluar dari hutan dan berbaring di samping jalan, menjilati luka yang masih  berdarah. Hari mulai siang, ketika jip safari mulai berdatangan di hutan. Sebuah jip ford membawa kerumunan turis  muncul menuju harimau bengis itu berbaring. Mereka tidak sadar apa yang telah terjadi, mereka mengira dia adalah Banka. Harimau itu marah mengangkat kepalanya dan dengan auman keras menatap ke arah suara jip terdengar. Dia segera mempersiapkan diri untuk menyerang jip yang datang mendekat.

Seorang guide lokal, Rajan, duduk di belakang jip, melihat harimau mendekat. Dengan kepala besar, mata lebar, perawakan besar dan sikap agresif membuatnya sadar bahwa itu bukan Banka. 
Harimau itu berlari dan mengaum menuju jip yang datang dan hampir bertabrakan. Dia menggeram dan mencakar bumi dengan cakarnya dengan penuh kemarahan. penghuni jip sontak berteriak berbarengan dengan penuh ketakutan. Untungnya harimau itu selanjutnya pergi ke dalam hutan. Jip kembali ke desa dan seketika rumor tersebar jika  Banka telah gila. mereka tidak percaya bahwa wilayah Banka itu telah ditembus oleh harimau penyusup dan mereka tetap tidak percaya ketika mendapatkan berita bahwa Banka terihat di semak di dekat sebuah desa, jauh dari wilayahnya.


Kemudian Kuttapan, seorang mahout (orang yang mengendarai gajah) memutuskan untuk memecahkan misteri kenapa Banka menjadi gila. 
Dengan naik gajah besar, ia masuk ke rumput tinggi di belakang kolam Gopalpur mencari Banka. Sesaat kemudian, ia mendengar suara geraman berat dilanjutkan gemuruh auman keras dan sekelebat harimau jantan besar keluar dari semak-semak menerjang  gajahnya. Kuttapan entah bagaimana berhasil keluar dari situasi tersebut, berkeringat dingin dan menyatakan bahwa harimau bengis yang sangat berbahaya dan mudah marah telah tiba di hutan bandhavgarh. Itu adalah konfirmasi paling otentik tentang munculnya Charger yang kemudian bersama pasangannya, Sita, menjadi selebriti di seluruh dunia selama hampir satu dekade. 
Charger menguasai wilayah  Chakradhara di Bandhavgarh dari awal tahun 1991 sampai dengan 1999. Nama Charger yang  berarti dia yang suka mengejar, berasal  dari tabiatnya yang luar biasa agresif terhadap jip wisata safari dan gajah. Tak terhitung dia meneror banyak pengunjung, jip, dan mahout. 
Dia yang suka meneror


Charger dan Sita sangat menyayangi satu sama lain. Charger sering berbagi buruan dengan Sita. Seringkali Sita membiarkan hasil buruannya disantap oleh Charger. Pada usia 16 di tahun 1996, Charger kehilangan Sita sang pasangan sejatinya dan cobaan yang sesungguhnya dimulai setelah itu. Kematian Sita adalah titik balik yang tragis dalam kehidupan Charger. Dia sering lapar dan mengembara untuk mencari hewan yang mati. Usia tua membuat Charger terbatas ruang gerak nya dan bersamaan dengan itu juga dimulainya era tiga harimau jantan dari generasi baru yaitu B1, B2 & B3 (B Bersaudara) dimana mereka merupakan anak-anak charger sendiri. Charger pernah bertarung dengan B1 dan keduanya mengalami luka-luka pada wajah. Pada bulan Juni 2000, Charger terlibat dalam konflik dengan B2, yang dikemudian hari menjadi penguasa baru di Bandhavgarh. Ini adalah pertarungan terakhir charger.  Seminggu kemudian, Charger ditemukan setengah mati, tergeletak di selokan dekat desa Mardari. Untuk menghindari kontroversi dan bahaya bagi penduduk desa, departemen kehutanan menempatkan Charger ke dalam kandang kawat di Chirhadhar. Seorang dokter hewan dipanggil untuk merawat luka-lukanya. selanjutnya Charger segera tampak membaik. Sejak saat itu Charger tetap di kurung di kandang. Dia sering terlihat berjalan di sepanjang pagar karena ia ingin berpetualang dengan bebas ke hutan tempat ia pernah berkuasa. Dia merasa kesepian dan tidak nyaman di kandangnya. Hari itu, 29 September 2000, Charger meninggal dunia. Dia meninggalkan namanya dalam sejarah. Sebuah peringatan dibuat di tempat di mana tubuhnya dikubur dan dikenal dengan nama 'Titik Charger atau Charger point. 

tugu untuk mengenang Charger

Ada film dokumentary yang mengisahkan hari-hari terakhir charger, namun ada beberapa kesalahan didalamnya dimana diceritakan bahwa charger dibunuh oleh B1, cucunya sendiri. Tetapi cerita yang sesungguhnya adalah seperti diatas, seperti yang dilaporkan oleh komunitas resmi Bandhavgarh.

2 komentar:

  1. Mantep nih..cerita tentang singa di afrika ada kagak?

    BalasHapus
  2. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus