Selasa, 08 Mei 2012

PANTHERA LEO - SINGA


Singa adalah kucing terbesar di Afrika. kucing terbesar kedua di dunia setelah harimau. satu-satunya kucing yang mempunyai surai dan juga satu-satunya kucing yang mempunyai gaya hidup sosial. kalimat-kalimat diatas tentu saja sangat familiar di telinga kita. beberapa hal yang menarik adalah, gaya hidup singa itu sendiri. sifat sosialnya membuat mereka mempunyai perilaku yang sedikit berbeda dari kucing2 lainnya. contoh kecilnya adalah, postur singa (jantan) yang selalu ingin tampil tegak, setinggi mungkin, sebesar mungkin (dengan dukungan surai yang lebat) sehingga dari jarak jauh di padang savanah afrika mereka dapat menyampaikan pesan yang jelas " ini wilayahku, get your a$$ out of here!!"

jika itu belum cukup, singa masih mempunyai auman yang luar biasa kencang, bahkan mampu terdengar sampai 5 km lebih. hal unik lainnya adalah, singa mempunyai ukuran tulang tengkorak rata-rata terbesar, bahkan mengalahkan harimau, hanya harimau siberia (dan mungkin harimau bengal kaziranga) yang mampu menyaingi ukurannya. ciri tulang tengkorak singa adalah sempit memanjang (lebih menyerupai anjing dari pada sepupu-sepupu kucing lainnya), beda dengan jaguar atau harimau misalnya yang pendek tetapi lebar membulat.

habitat singa pada umumnya di wilayah terbuka seperti savanah atau padang rumput, namun ada juga yang hidup dipinggiran hutan atau hutan yang tidak begitu lebat. contohnya adalah singa asia (panthera leo persica) yang hanya ada di hutan gir, gujarat india. sebagai konsekuensinya mereka tidak bisa membentuk grup yang besar seperti singa afrika, namun jauh lebih sedikit dan kadang-kadang hanya terdiri dari sepasang singa saja. berdasarkan lukisan di goa kuno eropa, singa gua atau cave lion (panthera leo spalea) yang telah punah juga mengindikasikan bahwa singa purba juga hidup dalam kelompok-kelompok kecil. hal yang sama kemungkinan berlaku juga untuk singa amerika (panthera leo atrox) yang mana merupakan salah satu kucing terbesar yang pernah mendiami bumi.
Craig parker, seorang pengamat singa yang juga merupakan biologis terkemuka mengenai singa, menyatakan bahwa tujuan utama dibentuknya grup (pride) bukan karena semata berburu,kawin,menjaga persaingan dari grup lain, tetapi lebih disebabkan oleh lingkungan yang yang ideal. semakin ideal lingkungannya (banyak mangsa, dekat sumber air, banyak tempat untuk mengasuh anak) maka semakin besar jumlah anggota dalam suatu grup tersebut.

sebaran geografis:
singa pada jaman purba merupakan kucing dengan sebaran geografis terluas didunia. mulai dari afrika,asia,eropa sampai amerika utara. namun sekarang hanya tersisa singa afrika dan sedikit singa asia di india.

subspesies:
berbeda dengan harimau, pembagian subspesies singa masih belum teramat jelas. beberapa referensi mengindikasikan sebagai berikut :


  • Panthera leo spelea (singa gua/eropa-punah)
  • Panthera leo atrox (singa amerika utara-punah)*
  • Panthera leo persica (singa asia/india)
  • Panthera leo leo (singa barbary/maroko/mesir/afrika bagian utara-punah)
  • Panthera leo azandica (congo)
  • Panthera leo bleyenberghi (Katanga)
  • Panthera leo krugeri (singa afrika selatan)
  • Panthera leo nubica (singa afrika timur)
  • Panthera leo senegalensis (singa afrika barat)

  • *)masih menjadi perdebatan apakah singa amerika termasuk subspesies singa ataukah spesies yang  berbeda, sehingga ada yang menyebutkan dengan nama Panthera leo atroxatau Panthera atrox

    Morfologi:
    sekilas jika kita melihat singa, impresi yang kita dapat adalah kucing yang sangat besar, kelihatan dominan dan bangsawan. tidak salah. seperti yang saya sebutkan diatas, singa harus selalu tampil mencolok agar dapat memberi pesan yang jelas kepada rivalnya bahwa dia adalah sosok yang besar,kuat,sehat dan siap menendang bokong anda jika macam-macam diwilayahnya. 
    pernahkah anda bertanya "singa yang saya lihat di bonbin tadi lebih besar dari harimau disebelahnya ya?" itu memang wajar. namun jika kita mengamati lebih detail, ternyata struktur tubuh singa 'agak' berbeda dari harimau. perbedaanya adalah tengkorak lebih besar,leher panjang,kaki lebih kurus namun lebih panjang sehingga sedikit lebih tinggi di bagian bahu,  namun tubuhnya tidak sepanjang harimau. sehingga ketika diukur berat badanya jarang sekali singa liar yang mencapai ukuran diatas 200kg. (rata-rata singa afrika adalah 180-200kg). dengan kata lain, dalam dunia singa gertakan adalah senjata pertama nya.
    perbedaan lain adalah ukuran taring dan cakar yang (secara mengejutkan) lebih pendek dari harimau. dilihat dari sudut pandang antara ukuran taring dibanding dengan ukuran tubuh, maka singa mempunyai ukuran rata-rata terkecil/terpendek. sedangkan yang mempunyai ukuran relatif terpanjang adalah macan dahan (clouded leopard) disusul oleh harimau (sumatera) diurutan kedua.
    tengkorak singa (kanan atas) dan harimau dibawahnya

    lebih dari itu yang paling mengejutkan adalah ketika singa tidak mempunyai surai (tsavo lion atau singa tanpa surai) maka dia akan kelihatan agak aneh, karena bentuk badannya yang tinggi, dengan kaki kaki yang relatif kurus serta leher panjang. hal ini akan dibahas nanti dalam topik komparasi kucing besar.
    Singa tsavo, singa tanpa surai

    namun demikian jika ada yang menyebut 'lion king' maka sebutan itu tidaklah berlebihan karena memang singa mempunyai sifat layaknya seorang raja di dunianya.



    2 komentar:

    1. Navbharat was established in 1955 with an objective to provide travelers of India, the highest standard in luxury travel arrangements. There is a saying that is often heard but is nonetheless very true“without a travel agent, you’re on your own”. A travel agent is your backup if something goes wrong whilst you’re overseas and in domestics. We havethe best travel agents & they have an extensive knowledge on pitfalls to your destination and can avoid them by choosing the right path for traveling for you, something you will have a tough time finding out yourself. We are here perfect solution to any of your travel needs be it Flights booking, Bus bookings, Couple trips, Group travel or any customized tour to your wished place, we at Navbharat Tours plan it all for you.

      BalasHapus