Minggu, 13 Mei 2012

PANTHERA ONCA - JAGUAR




Jaguar adalah kucing besar ke tiga di dunia. Terdapat di hutan dunia baru (new world) yaitu amerika selatan, sampai dengan daerah amerika tengah. Dipercaya sebagai kucing dengan yang paling kuat (pound per pound strongest cat), dengan kekuatan gigitan yang paling hebat. Struktur gigi (besar, relatif pendek dan tidak begitu tajam pada ujungnya) dan rahangnya sangat kompak, mampu menembus cangkang kura-kura yang teramat keras sekalipun. Dia adalah satu-satunya kucing yang membunuh mangsanya tidak dengan menggigit bagian leher atau pundak, melainkan langsung menembus tulang tengkorak hingga mencapai otak korbanya. Luar biasa.
taring dan rahangnya terkuat diantara kucing besar

kucing yang berotot


Nama jaguar berasal dari bahasa indian yang berarti “dia yang datang dan menerkam secara tiba-tiba”. Ya, Seperti semua kucing, jaguar sangat pandai menyergap dan mengintai mangsanya. Pola tutulnya dianggap sebagai pola terindah dalam dunia kucing.

Sekilas mirip dengan macan tutul di afrika dan asia namun ukuran tubuhnya lebih besar dan berotot. Jika diperhatikan, morfologi jaguar mirip dengan saudaranya sesama kucing hutan hujan asia, harimau. Berat tubuhnya berada di kisaran 56-120kg dengan panjang tubuh antara 160-180cm tidak termasuk ekor. Ekornya cenderung pendek jika dibandingkan dengan kucing besar lainnya, ciri kucing yang kurang pandai memanjat pohon. Pola tutulnya berbeda dengan macan tutul, apalagi cheetah. Tutunya lebar dengan seringkali terdapat titik titik hitam ditengah-tengah pola lingkaran ‘bunga’ pada bagian tubuhnya. Pada macan tutul tidak terdapat titik hitam ditengah pola lingkaran tersebut. Yang paling membedakan dengan macan tutul (selain bentuk tubuhnya yang cenderung pendek-gemuk) adalah kepalanya yang besar, lebar dan bulat.
jaguar betina dengan anaknya

Selain harimau, Jaguar adalah kucing yang menyukai air. Seringkali air adalah tempat favoritnya untuk berburu ikan, ular, mamalia (termasuk pengerat terbesar didunia, capibara) dan bahkan buaya caiman.
Sama halnya dengan macan tutul, beberapa jaguar terlahir dengan pigmen hitam pekat, yang sering disebut dengan panther. Apabila terkena sinar matahari, pola tutul ditubuhnya masih terlihat samar-samar. Kucing dengan pigmen hitam sempurna seperti ini seringkali dikaitkan dengan lingkungan tempat dia hidup. Sosok hitam legam seperti ini sangat sulit untuk dideteksi dikedalaman hutan hujan amazon, apalagi pada malam hari.


Jaguar hitam, tutulnya masih kelihatan ketika terkena sinar matahari

Yang unik dari jaguar adalah suara aumanya yang terputus-putus mirip dengan suara melenguh yang pendek-pendek. Suku indian seringkali menjebak jaguar dengan menirukan aumannya menggunakan tali yang ditarik didalam alat seperti kendang untuk menarik jaguar dari kedalaman hutan.

Subspesies :
1.Panthera onca onca: Venezuela sampai  Amazon, termasuk P. onca peruviana (jaguar peru): pesisir Peru
2.Panthera onca hernandesii (Mexican jaguar): Mexico barat – termasuk
- P. onca centralis (Jaguar America tengah): El Salvador sampai Columbia
- P. onca arizonensis (jaguar arizona): Arizona selatan sampai Sonora, Mexico
- P. onca veraecrucis: Texas tengah sampai Mexico tenggara
-P. onca goldmani (jaguar Goldman): semenanjung Yucatán sampai  Belize dan Guatemala
3.Panthera onca palustris (subspesies terbesar, dengan berat mencapai lebih dari 135 kg atau 300 lb):[25] daerah PantanalMato Grosso dan  Mato Grosso do Sul, Brazil, sampai Paraguay dan Argentina tenggara. Beberapa jaguar di pantanal, mampu mencapai ukuran yang sangat besar dan berada pada kisaran ukuran harimau sumatera jantan.

Disamping semua pesonanya tersebut, tak diragukan lagi bahwa jaguar adalah kucing yang sangat-sangat cantik dan mengagumkan.

3 komentar:

  1. Maaf, sebagian gambar nya bukan jaguar, tapi macan tutul (terutama gambar yg dibagian atas2)

    BalasHapus
  2. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus