Minggu, 13 Mei 2012

PANTHERA PARDUS - MACAN TUTUL




Macan tutul adalah kucing tekecil diantara empat kucing besar yang bisa mengaum. Singa gunung atau puma/cougar mempunyai ukuran yang sama atau bahkan lebih besar dibandingkan dengan macan tutul namun karena tidak bisa mengaum maka tidak dimasukkan dalam kategori kucing besar sesungguhnya. Macan tutul adalah kucing dengan daya adaptasi terbaik diantara semua kucing besar. Dengan ukuran tubuhnya yang tidak terlalu besar, mereka dapat beradaptasi dalam ekosistem yang berbeda beda sehingga mempunyai wilayah sebaran paling luas mulai dari afrika, timur tengah, asia tengah,india, srilanka, jawa sampai siberia.
macan tutul siberia

Macan tutul adalah kucing paling atletis, mempunyai kekuatan yang luar biasa, pound per pound mungkin hanya dibawah jaguar. Sebagai ilustrasi, mereka sanggup mengangkat mangsanya yang sampai 2,5 kali lebih besar dari tubuhnya sendiri keatas pohon untuk disantap. Kenapa diatas pohon? Ya, karena mereka bukanlah pemangsa teratas di lingkungannya. Di afrika mereka kalah bersaing dengan singa dan hyena, sedangkan di asia terdapat harimau. Sebagai pengecualian hanya macan tutul srilanka yang tidak mempunyai saingan karena singa sudah punah dan tidak terdapat harimau dipulau tersebut. Sayang sekali hal serupa juga terjadi di jawa sejak harimau jawa dinyatakan punah, meskipun penulis masih sangat yakin bahwa masih terdapat harimau jawa yang bertahan hidup didalam lebatnya hutan jawa.
macan tutul srilanka

Kucing ini hidup secara soliter/sendiri dan hanya bertemu pasangannya ketika musim kawin tiba. Selain daya adaptasinya yang hebat, Keunikan lain kucing ini adalah kemampuannya dalam memanjat pohon, dia mempunyai keseimbangan yang luar biasa. Mereka juga dikenal sebagai kucing yang ‘bersihan’ karena seringkali diketahui bahwa mereka menyingkirkan bulu-bulu korbannya sebelum menyantap daging dibawah bulu tersebut.
macan tutul di hutan kamboja

Sama seperti jaguar, macan tutul juga mempunyai jenis dengan kulit hitam (melanism). Kebanyakan ditemukan pada lingkungan hutan hujan yang lebat seperti di india dan jawa. Yang menarik adalah macan tutul jawa, mungkin dikarenakan banyaknya macan tutul hitam atau macan kumbang di jawa maka macan tutul jawa mendapat nama panthera pardus melas bukan panthera pardus sondaica atau javanicus.
macan kumbang atau black panther si macan tutul hitam

Perbedaan dengan jaguar adalah macan tutul tidak menyukai air, meskipun semua kucing adalah perenang yang handal namun kebanyakan tidak menyukai air. Jadi jika anda dikejar oleh macan tutul lebih baik terjun ke sungai daripada memanjat pohon. Hal sebaliknya justru berlaku jika anda dikejar harimau atau jaguar, panjatlah pohon dan jangan terjun ke air.
pemanjat yang hebat

Tubuh macan tutul terlihat atletis dengan ekor yang panjang untuk keseimbangan diatas pohon. Suara aumannya terdengar berat  bahkan lebih berat dari beberapa subspesies harimau namun terdengar putus-putus.Dalam program dokumentary baru baru ini terungkap rahasia macan tutul ketika berburu dalam gelap, dimana mereka tidak hanya menggunakan satu taktik untuk berburu tetapi banyak trik yang hanya bisa diamati menggunakan kamera infra merah.
macan tutul afrika jantan
Subspesies:
  African leopard (P. p. pardus) (Linnaeus, 1758) terdapat di  sub-Saharan Afrika
  Indian leopard (P. p. fusca) (Meyer, 1794) terdapat di   India
  Javan leopard (P. p. melas) (Cuvier, 1809) terdapat di  Jawa, Indonesia
  Arabian leopard (P. p. nimr) (Hemprich dan Ehrenberg, 1833) terdapat di   semenanjung arabia
  Amur leopard (P. p. orientalis) (Schlegel, 1857) terdapat siberia,korea
  North Chinese leopard (P. p. japonensis) (Gray, 1862) terdapat di  China utara
 Caucasian leopard (P. p. ciscaucasica) (Satunin, 1914) atau  Persian leopard (P. p. saxicolor) Pocock, 1927 terdapat di   Asia tengah:  CaucasusTurkmenistan dan iran[30]
  Indochinese leopard (P. p. delacouri) Pocock, 1930 terdapat di  asia tenggara
  Sri Lankan leopard (P. p. kotiya) Deraniyagala, 1956 terdapat di  Sri Lanka
(sumber wikipedia)




Sekilas tentang macan tutul jawa
Macan tutul jawa (panthera pardus melas) adalah subspesies terkecil. Seperti disebutkan diatas, di jawa lebih banyak terdapat macan kumbang dibanding dengan wilayah macan tutul lain didunia. Yang paling menarik tentu saja jika kita melihat dari sebaran geografisnya. Kenapa di sumatera tidak ada macan tutul? Sepertinya macan tutul tiba-tiba meloncat dari asia daratan ke pulau jawa. Dan berdasarkan bukti DNA (terimakasih buat kang Didik Raharjo, aktifis karniora jawa) terbukti bahwa DNA macan tutul jawa adalah unik dibandingkan saudara-saudaranya dari daratan asia dan afrika.


dibawah ini beberapa foto macan tutul jawa




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar